Bagaimana Membuat Kata kata Bijak Untuk Semua Orang yang Tidak Lebay - Gudangnya Kata Kata Bijak

Bagaimana Membuat Kata kata Bijak Untuk Semua Orang yang Tidak Lebay

Rabu, 23 Oktober 2019

Bagaimana Membuat Kata kata Bijak Untuk Semua Orang yang Tidak Lebay


Loading...



Kata-kata bijak, tentu kamu sering menemui hal tersebut di berbagai media sosial ataupun konten-konten digital.

Kata kata bijak untuk semua orang juga sering terpajang di tempat-tempat usaha atau bersantai seperti cafe sebagai penghias ruangan. 

 Tidak jarang pula kata-kata bijak tersebut justru kamu ciptakan sendiri dengan alasan dan tujuan tertentu. 

Namun ketika orang lain membaca kata-kata bijakmu, bisa jadi mereka justru mengerutkan dahi atau tertawa karena kata-kata yang kamu buat terkesan aneh atau lebay. 

Nah, berikut ini tips agar kata-kata bijak yang kamu tulis tidak terkesan lebay :

Gunakan bahasa sederhana


Tidak jarang dari kamu akan memilih diksi-diksi yang menurut kamu keren, dengan berbagai majas yang kamu ketahui. Namun, kata-kata bijak yang kamu inginkan bisa jadi justru akan sulit dimengerti oleh orang lain. Akibatnya, kata-kata bisa buat semua orang yang hendak kamu sampaikan justru menjadi bahan tertawaan. Gunakan saja kata-kata dan diksi yang sederhana, singkat, dan tidak berbelit. Hal ini tentu akan memudahkan orang lain memahami apa yang hendak kamu sampaikan.

Jangan Menghiperbolakan keadaan


Hiperbola menjadi majas yang sering digunakan dalam kata kata bijak untuk semua orang. Namun gaya bahasa melebih-lebihkan ini justru bisa membuat tulisanmu menjadi terkesan berlebihan, lebay, dan konyol. Menuliskan dengan gaya atau diksi yang lebih sederhana justru akan lebih mudah menga bagi banyak orang. Kata-kata bijak buat semua orang tentu akan lebih diterima bila kata-kata tersebut terasa dekat dengan kehidupan mereka.

Kalimat Pendek


Salah satu tujuan kata-kata bijak adalah untuk diingat dan diterapkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, kalimat pendek tentu akan lebih mudah diingat. Tidak perlu mengkreasi suatu kalimat panjang, berbelit, dan tidak fokus sebab justru tidak mudah diingat. Selain itu kalimat yang berbelit justru akan membingungkan dan membuat orang lain tidak memahami inti dari kata-kata bijak yang ingin kamu sampaikan.

Berhenti Mengkaitkan dengan Senja atau Kopi


Senja dan kopi adalah tema atau kata yang terlalu banyak digunakan saat ini. Konotasi penggunaan kedua kata tersebut menjadi hal tampaknya populer, namun saking seringnya digunakan justru akan terkesan lebay dan menjijikan. Perlu kamu sadari bahwa ada banyak kata dan keindahan alam yang bisa kamu eksplorasi sebagai materi kata-kata bijak untuk semua orang yang bisa kamu tuliskan.

Mulailah dari refleksi diri


Materi terbaik untuk menulis kata-kata bijak yang jujur adalah diri anda sendiri. Kamu bisa memaknai apa yang telah terjadi dan menuliskan dalam sebuah kalimat pendek dari hasil refleksimu tersebut. Kata kata bijak untuk semua orang ini justru akan lebih mudah kamu ciptakan dan mudah diterima, karena kamu tahu memaknainya.
bm

Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa dishare ya jika kamu menyukai artikel ini.


Loading...

loading...